14/10/15

Memotong Rockwool Menjadi Kubus Kecl Ukuran 2,5x2,5x2,5 cm

Gunakan rockwool khusus untuk bercocok-tanam, bukan rockwool bahan bangunan.

Rockwool untuk bercocok-tanam mudah menyerap air. Sedikit saja terkena air, bagian lain yang tidak tersentuh segera menjadi basah. Partikelnya lebih halus dan seratnya  mudah ditembus akar.

Rockwool bahan bangunan memiliki partikel tajam, itu sebabnya orang yang menangani rockwool jenis ini harus menggunakan sarungtangan dan masker khusus. Karena berfungsi sebagai bahan peredam suara, maka seratnya dibuat rapat, sehingga sulit ditembus akar, dan kedap air (water proof). 

Biasanya rockwool unuk bercocok tanam dijual dalam bentuk persegi panjang dalam satuan slab dengan ukuran 100 x 15 x 7,5 cm.

Sebelum mulai memotong jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan. Bila perlu balur tangan dan lengan dengan tepung tapioka atau bedak, untuk mengurangi resiko partikel rockwool yang lembut nempel di kulit.

Usahakan mengambil posisi membelakangi arah angin, supaya remah-remah partikel yang tertiup angin terbang menjauh.

Gunakan gergaji besi tajam untuk mengiris. Pegang gergaji dengan arah gigi miring ke badan (ke dalam), lalu pelan-pelan iris rockwoool ke arah luar sambil sedikit ditekan. Iris dengan satu arah gesekan. JANGAN MENGIRIS ROCKWOOL DENGAN GERAKAN MAJU MUNDUR supaya irisan rapi dan tidak banyak partikel yang terhambur.

Urutan memotong Rockwool:
  • Potong satu slab rockwool menjadi 4 bagian sama panjang, sehingga masing masing berukuran panjang 25 cm, lebar 15 cm, dan tebal 7,5 cm.
  • Ambil seprempat bagian, lalu pada sisi panjang beri tanda dengan jarak masing-masing 2,5 cm, sehingga rockwool nantinya terbagi menjadi 10 bagian sama besar dengan ukuran masing-masing tebal 2,5 cm, panjang 15 cm,x lebar 7,5 cm.
  • Ambil satu bagian dari potongan berukuran 2,5 x 15 x 7,5 cm. Bagi sisi lebarnnya menjadi tiga bagian sama besar, sehingga rockwool menjadi tiga potongan dengan ukuran masing-masing panjang 15 cm, lebar 2,5 cm, tebal 2,5 cm.

  • Letakkan ketiga potongan tadi berjajar rapat, lalu sisi panjangnya dibagi 2 sama besar, sehingga sekaang ada 6 potongan sama besar dengan ukuran masing-masing 2,5 cm x 2,5 cm x 7,5 cm.
  • Ambil 3 potongan masing-masing ukuran 7,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm. Letakkan ketiganya berjajar rapat, lalu potong lagi sisi panjangnya menjadi 3 bagian sama besar. Maka jadilah 9 kubus kecil masing-masing berukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.


  • Ulangi cara serupa untuk potongan-potongan yang lain sampai seluruhnya terpotong menjadi kubus berukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.
  • Dengan cara memotong seperti itu maka 1 slab ukuran 100 x 15 x 7,5 akan terbagi menjadi  720 potongan kecil, sehingga beban biaya per potong bisa diketahui.
  • Selanjutnya, supaya tidak rusak atau tercecer, simpan kubus-kubus kecil rockwool dalam wadah plastik. 

3 komentar:

  1. Bagus gan,info yang bermanfaat..kebetulan baru memulai untuk pemula

    BalasHapus
  2. Beli rockwol dmna ya gan? apakah mahal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di toko perlengkapan hidroponik. Harga kurang lebih 75 rb untuk RW ukuran 100x15x7,5 cm. Yg ukuran kecil, 20x15x7,5 cm sekitar 20an ribu

      Hapus