30/06/16

Pot Hidroponik

Hidroponik sebenarnya tidak berbeda jauh dari bercocok tanam menggunakan media tanah dalam pot, hanya berbeda pada jenis media yang digunakan serta cara memberi nutrisi pada tanaman. Media tanam Hidroponik juga memerlukan pot sebagai wadahnya.

Secara umum ada dua jenis pot Hidroponik, yaitu net pot dan pot cawan dengan lubang-lubang kecil di bagian dasar dan sekeliling lingkaran bawah. Net pot digunakan untuk media tanam Rockwool, Hydrogel, Spons atau Hydroton. sementara pot cawan digunakan untuk media tanam arang sekam, kerikil dan perlite.

Net Pot



Pot Cawan pada Dutch Bucket
Untuk Hidroponik skala rumah-tangga, kedua jenis pot itu bisa diganti dengan gelas plastik bekas kemasan air minum. Pada bagian dasar dan sisi gelasi diberi lubang supaya nantinya akar bisa keluar menjangkau nutrisi secara langsung. 

Pot dari bahan Gelas Plastik Bekas

Akar Keluar dari Lubang di Dasar Gelas
Tapi bila media yang digunakan semata-mata hanya Rockwool, sebaiknya menggunakan netpot, karena gelas plastik terlalu tinggi, sehingga Rockwool akan terbenam terlalu dalam, menyebabkan  bibit terhalang dari sinar matahari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar