21/06/16

Melarutkan ABMix Bubuk Menjadi Pekatan

ABMix bubuk tidak langsung dilarutkan begitu saja menjadi nutrisi siap pakai, namun harus di larutkan menjadi pekatan terlebih dahulu. Misalnya, dari bubuk ABMix kemasan 0,5 liter, terlebih dahulu dilarutkan menjadi 0,5 liter pekatan A dan 0,5 liter pekatan B, baru kemudian diencerkan di air baku dengan perbandingan dasar 5 ml pekatan A dan 5 ml pekatan B dicampur dengan 1.000 ml air baku.

Berikut ini adalah tahapan membuat pekatan A dan pekatan B  dari bubuk ABmix untuk volume larutan pekat 5 liter:

Alat yang diperlukan:
  1. Dua jerigen kapasitas minimal 8 liter untuk melarutkan bubuk ABmix dan menyimpan pekatan A dan pekatan B.
  2. Potongan bagian atas bekas botol kemasan air minum, digunakan sebagai pengganti corong untuk memasukkan bubuk nutrisi ke dalam jerigen.
  3. Gelas ukur.
  4. Gunting.
  5. Spidol untuk memberi tanda dan menulis label pada jerigen.

Urutan kerja :

1.        Siapkan kedua jerigen, beri label sesuai label pada kemasan ABmix.  Jerigen A untuk ABmix A, begitu juga untuk ABmix B. Jerigen tidak harus baru, tapi pastikan bagian dalam bersih, tidak terdapat sisa cairan, larutan atau endapan apapun dan dalam keadaan kering.
2.        Siapkan air baku dalam ember terpisah. Air baku harus tawar dan bersih dari polutan. Disarankan TDS air baku tidak lebih dari 100 ppm. Tapi tidak perlu putus asa seandainya TDS air ternyata lebih dari 100 ppm. Selama ini saya memakai air sumur dengan TDS 213 ppm, tidak ada masalah. Pada saat naskah ini saya buat, TDS air sumur saya bahkan naik sampai 292 ppm. Karena tidak ada pilihan lain, terpaksa tetap saya pakai, sambil diamati pengaruhnya terhadap kualitas tanaman.


3.          Takar air baku menggunakan gelas ukur, masukkan ke jerigen sampai volumenya 5 liter. Beri tanda garis menggunakan spidol pada batas permukaan air di dinding jerigen.


4.      Tuang kembali sepertiga bagian dari seluruh air di dalam jerigen ke ember air baku. Tujuannya, agar setelah bubuk nutrisi ditambahkan, volume larutan tidak lebih dari 5 liter.


5.         Ambil salah satu nutrisi, A atau B dulu, tidak masalah. Tapi pastikan label nutrisi yang diambil sesuai dengan label jerigen yang sudah siap diisi.
6.             Bubuk nutrisi biasanya dikemas rangkap dua. Buka seluruhnya, lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam jerigen.


7.            Seandainya ada bubuk nutrisi yang menggumpal, masukkan gumpalan itu ke dalam kantong plastik, lalu pukul plastiknya menggunakan benda keras untuk menghancurkan gumpalan.   
8.       Nemu kemasan saset kecil di antara bubuk nutrisi? Saset itu berisi unsur hara mikro. Masukkan juga unsur mikronya ke dalam jerigen.


9.               Pasang tutup jerigen, lalu kocok-kocok sampai semua bubuk nutrisi larut.
10.       Setelah seluruh bubuk nutrisi larut, letakkan jerigen di permukaan datar, lalu perhatikan batas permukaan larutan pada dinding jerigen. Kalau air baku yang tadi dituang kembali dari jerigen cukup banyak, batas permukaan larutan pasti berada di bawah garis tanda yang kita buat. Tambahkan air baku lagi sampai permukaan larutan sesuai dengan garis batas volume 5 liter.
11.            Ulang prosedur nomer 5 sampai 10 untuk nutrisi di kemasan satunya.
12.       Sebelum jerigen disimpan, kocok-kocok sekali lagi supaya larutan dan air yang ditambahkan tercampur sempurna.



PERHATIAN: Nutrisi dalam kemasan harus dilarukan seluruhnya sekaligus. Jangan membagi nutrisi kemasan besar menjadi beberapa bagian lalu melarutkan secara bertahap.

Bila kebutuhan nutrisi belum banyak, beli nutrisi kemasan kecil. Membagi nutrisi kemasan besar menjadi beberapa bagian lalu melarutkan secara bertahap menghadapi resiko masing-masing unsur hara tidak terbagi secara merata.


Melarutkan nutrisi kemasan kecil bisa menggunakan botol bekas kemasan air minum sebagai pengganti jerigen. Pilih ukuran botol sesuai dengan volume larutan.


REVISI 8 APRIL 2017:
Bubuk MIKRO dalam saset kecil JANGAN dituang langsung ke dalam jerigen. Larutkan terlebih dahulu unsur mikro dalam wadah lain. Sebelum larutan mikro dituang, kocok-kocok terlebih dahulu cairan dalam jerigen sampai semua bubuk terlarut. Tuang larutan mikro  setelah  semua bubuk di dalam jerigen larut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar