16/03/16

Memilih ABMix

Secara umum tanaman mengalami dua fase pertumbuhan, yaitu fase Vegetatif dan fase Generatif.

Fase Vegetatif berlangsung ketika tanaman menggunakan sebagian besar energinya untuk pertumbuhan akar, daun, batang dan pucuk tanaman. Fase Generatif terjadi ketika tanaman mulai menimbun karbohidrat untuk pembentukan bunga, buah, biji dan pemasakan buah.


Setiap fase membutuhkan rasio nutrisi berbeda, maka, untuk pertumbuhan maksimal, juga disediakan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman mengikuti fase pertumbuhannya. AB Mix DAUN disediakan untuk tanaman pada fase vegetatif, sedangkan AB Mix BUAH digunakan sebagai nutrisi pada fase Generatif.

Nama variant DAUN dan BUAH semata-mata hanya sebagai pembeda ABMix untuk masing-masing fase. Tidak berkaitan secara langsung dengan sayuran daun maupun tanaman yang menghasilkan buah.

AB Mix DAUN selalu digunakan sebagai nutrisi awal pada semua jenis tanaman, sayuran daun maupun tanaman buah. Hanya karena sayuran daun dipanen sebelum berbunga, maka sayuran daun hanya membutuhkan AB Mix DAUN saja. Sementara tanaman buah, karena baru dipanen setelah buah masak, maka ketika tanaman mulai berbunga nutrisinya perlu diganti dengan AB Mix BUAH.

Bagaimana seandainya sulit mendapatkan AB Mix BUAH, atau mau ngirit seperti saya dulu? Ternyata, AB Mix DAUN juga bisa digunakan pada fase Generatif. Saya bahkan pernah menggunakan AB Mix DAUN untuk Bawang Merah sampai panen, padahal semestinya Bawang Merah juga membutuhkan AB Mix UMBI sebagai nutrisi lanjutan.

Untuk Hidroponik skala rumah-tangga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari sisi rasa dan ukuran hasil panen. Kalaupun sekarang saya mennggunakan AB Mix BUAH sebagai nutrisi lanjutan, semata-mata karena ada niat masuk sektor komersial. Target kualitas, umur panen dan Harga Pokok Produksi tidak bisa dipenuhi bila hanya menggunakan AB Mix DAUN saja.

AB Mix BUAH adalah nutrisi lanjutan yang bersifat umum. Digunakan untuk tanaman apa saja pada fase Generatif. Tapi sebenarnya, beberapa jenis tanaman membutuhkan rasio lebih spesifik ketimbang sekedar rasio umum dalam AB Mix BUAH.

Sampai saat ini, beberapa tanaman tertentu seperti melon, cabe, tomat, tanaman berumbi dan tanaman yang diambil bunganya telah tersedia AB Mix khususnya. Tapi sekali lagi, untuk skala rumah-tangga, menggunakan AB Mix BUAH sebagai nutrisi lanjutan sudah mencukupi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar