16/03/16

Memilih ABMix

Secara umum tanaman mengalami dua fase pertumbuhan, yaitu fase Vegetatif dan fase Generatif.

Fase Vegetatif berlangsung ketika tanaman menggunakan sebagian besar energinya untuk pertumbuhan akar, daun, batang dan pucuk tanaman. Fase Generatif terjadi ketika tanaman mulai menimbun karbohidrat untuk pembentukan bunga, buah, biji dan pemasakan buah.


Setiap fase membutuhkan rasio nutrisi berbeda, maka, untuk pertumbuhan maksimal, juga disediakan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman mengikuti fase pertumbuhannya. AB Mix DAUN disediakan untuk tanaman pada fase vegetatif, sedangkan AB Mix BUAH digunakan sebagai nutrisi pada fase Generatif.

Nama variant DAUN dan BUAH semata-mata hanya sebagai pembeda ABMix untuk masing-masing fase. Tidak berkaitan secara langsung dengan sayuran daun maupun tanaman yang menghasilkan buah.

AB Mix DAUN selalu digunakan sebagai nutrisi awal pada semua jenis tanaman, sayuran daun maupun tanaman buah. Hanya karena sayuran daun dipanen sebelum berbunga, maka sayuran daun hanya membutuhkan AB Mix DAUN saja. Sementara tanaman buah, karena baru dipanen setelah buah masak, maka ketika tanaman mulai berbunga nutrisinya perlu diganti dengan AB Mix BUAH.

Bagaimana seandainya sulit mendapatkan AB Mix BUAH, atau mau ngirit seperti saya dulu? Ternyata, AB Mix DAUN juga bisa digunakan pada fase Generatif. Saya bahkan pernah menggunakan AB Mix DAUN untuk Bawang Merah sampai panen, padahal semestinya Bawang Merah juga membutuhkan AB Mix UMBI sebagai nutrisi lanjutan.

Untuk Hidroponik skala rumah-tangga tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari sisi rasa dan ukuran hasil panen. Kalaupun sekarang saya mennggunakan AB Mix BUAH sebagai nutrisi lanjutan, semata-mata karena ada niat masuk sektor komersial. Target kualitas, umur panen dan Harga Pokok Produksi tidak bisa dipenuhi bila hanya menggunakan AB Mix DAUN saja.

AB Mix BUAH adalah nutrisi lanjutan yang bersifat umum. Digunakan untuk tanaman apa saja pada fase Generatif. Tapi sebenarnya, beberapa jenis tanaman membutuhkan rasio lebih spesifik ketimbang sekedar rasio umum dalam AB Mix BUAH.

Sampai saat ini, beberapa tanaman tertentu seperti melon, cabe, tomat, tanaman berumbi dan tanaman yang diambil bunganya telah tersedia AB Mix khususnya. Tapi sekali lagi, untuk skala rumah-tangga, menggunakan AB Mix BUAH sebagai nutrisi lanjutan sudah mencukupi.







29 komentar:

  1. Terima kasih. Tulisannya sangat mencerahkan untuk pemula yang bingung dengan banyaknya tipe AB mix di pasaran.

    BalasHapus
  2. Keren artikel nya … tjak dul saya mau tanya nih.. saya selama ini hidroponik rumahan memakan ab mix daun, tapi kok banyak kerak nya ya? terutama di dasar ember penampungan air, selang2 nya dan di dalam pompa air nya? apakah memang begitu ?
    Mohon pencerahan nya .. terima kasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pipa, saluran nutrisi, tandon dan pompa harus sering dibersihkan

      Hapus
  3. Terimakaih artikelnya, sangat bermanfaat, Saya kesulitan mendapatkan ABMic sayuran daun, apakah bisa diganti dg nutrisi ABmic buah, bagaimana ko.posisinya? Terimakasih

    BalasHapus
  4. Saya masih pemula belajar berhidoponik rumahan, mohon pencerahan apa pengganti TSP sbgai komponen pembuatan Nutrisi hidroponik, maturnuwun Bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang paham membuat nutrisibmenggunakan bahan pupuk slow release.

      Hapus
  5. Kalau untuk sayuran sawi,kakung dll, pakai ab mix buah boleh dan ngaruh nggk Pak? .
    Salah beli soalnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk skala rumahan dipakai saja.

      Hapus
  6. Kalau kebalikannya gimana?
    Saya ada ab mix daun tp buat cabe dan tomat,bisa nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk skala rumahan yg tdk pasang target kualitas panen hidroponik, bisa. Beda nutrisi buah dan daun hanya di rasio unsur haranya. Yg nutrisi buah rasionya dibuat utk pertumbuhan buah, yg nutrisi daun rasio utk pertumbuhan vegetatif.

      Hapus
  7. Sy menanam tomat udh berbuah , to sy hy py abmix daun , aoakah bs diaplikasikan ketanaman tomat sy atau larutan abmix sayur bisa ditambah pupuk kcl utk nutrisibnutrisi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai abmix daun saja. Tomat saya juga hanya diberi nutrisi daun, tdk ada madalah.

      Hapus
  8. Saat ini saya sedang mencoba hidroponik bawang merah skala besar dan menggunakan abmix seperti diatas,tiap fase yg berbeda. satu pertanyaan yg blum bisa saya temukan jawaban yaitu adakah perbedaan komposisi antara ABmix buah dan ABmix daun ? jika memang benar beda dimanakah letak perbedaan komposisi tersebut, apakah di pekatan A atau B? jika berkenan mohon bantu, sukses dan sehat selalu. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unsur haranys sama, hanya beda dirasio tiap2 unsur. Setelah keluar umbi digunakan nutrisi dg rasio yg membantu mempercepat pertumbuhan umbi, menambah bobot tapi tdk membuat umbi gampang busuk.

      Masalahnya, mengubah rasio bkn sekedar mengubah timbangan masing2 unsur hara. Ada efek moulder dan kesetimbangan larutan yg membatasi perubahan rasio.

      Sampai saat ini sy blm bisa menghitung sendiri rasio yg tepat, jd kalau pengin racikan khusus msh pesan pd teman.

      Hapus
    2. Begitu pula untuk setiap fase pertumbuhan. Pd fase vegetatif digunakan rasio unsur hara yg membantu memperkuat akar, mensupport pertumbuhan batang dan daun. Pd fase generatif, digunakan rasio yg lb fokus pada pertumbuhan bunga dan buah.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Saya tanam strawberry tapi hanya punya ab mix sayuran buah, apa bisa pake itu tanpa ab mix tanaman buah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scr umum tanaman dibagi menjd 2 fase, vegetatif dan generatif. Sampai sblm berbunga tanaman diberi abmix daun, stlh keluar bunga dampai buah dipanen diganti abmix buah.

      Hapus
  11. Apa yg terjadi jika menggunakan ab mix buah pada tanaman sayur? Apakah daunnya akan lebih kecil, lebih cepat berbunga, dsb?

    BalasHapus
  12. Abmix buah akan membuat tanaman yg SDH MASUK FASE GENERATIF lebih produktif. Tp tdk membuat tanaman di fase vegetstif lb cepat masuk fase G.

    Abmix daun membuat proses pembentukan akar, daun dan batang pd fase vegetatif lb bagus ketimbang diberi abmix buah.

    Kalau kita keliru atau krn terpaksa, memberi abmix buah pd fase vegetstif, tdk ada efek negatifnya, hanya pertumbuhan akar daun dan batang tdk maksimal.

    BalasHapus
  13. Saya pemula bertanam hidroponik..dan saya coba tanam cabe,bawang pakai ab mix sayuran daun dan usia tanaman sdh 2,5 bulan tapi belum tumbuh buah.yg terjadi batang cabe sangat besar dan daun nya sebesar telapak tangan dewasa.

    Jadi agar cepat berbuah jika saya ganti pakai ab mix buah,apakah ada pengaruh negatif ke tanamqn krna dr awal saya pakai ab mix daun s/d usia tanaman sdh 2,5 bulan?

    Mohon pwtunjuk dan arahan nya Pak. Trimkasih

    Salam hormat

    BalasHapus
  14. Dan,
    sedangkan bawang merah dgn ab mix daun sdh berusia 2,5 bulan jg tapi hanya muncul tunas2 bawang merah dan umbi buah belum ada muncul.

    Dgn usia cabe sdh 2,5 bulan,agar bisa umbi buah cabe apakah masih bisa diganti pakai ab mix buah? Dan adakah dampak negatif nya?
    Mohon pencerahan nya Pak..
    Terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau efek negatif tidak ada, kalau diberi abmix sesuai fase pertumbuhannya (abmix buah pd fasr generatif) jasilnya lb maksimal. Cabe dan senagian tomat chery yg tempo hari kami panen juga hanya diberi abmix daun, krn nebeng di pipa selada. Hasilnya jg bagus. Di skala rumahan spt saya, nutrisi daun & buah hasilnya tdk nampak beda, krn faktor2 macam pH, oksigen terlarut sering sy abaikan. Begitu juga kebersihan pipa, sering malas nyikat. Baru dibersihkan setelah 3x psnen.

      Bsmer rata2 panen umur 60 hss. Kalau umur 40hss belum namak pertumbuhan umbi biasanya krn benih yg kurang bagus. Saya pernah ngalami spt itu, ketika pkai benih dr dapur. Tp prosentasenya kecil. Dr 100 ttk tanam hanya sekitar 15 yg tdk tumbuh umbinya. Ada baiknya dicoba lg sambil dicatat data hariannya (TDS nutrisi, suhu air, pH)

      Mengenai cabe, biasanya 2,5 bln sdh mulai berbunga. Mungkin bisa diganti dg abmix buah sambil diamati data hariannya.

      Hapus
  15. Saya mau tanya mas tanaman petun ia dan vunca saya saya kasih ab mix daun atau ab mixhunga kalo dia sdh berbungatapi di lihar dau nnya kurang lebatdan hijau pake ab mix apa ya mas

    BalasHapus
  16. Untuk tanaman bunga setelah kuncup2 bunga mulai yerlihat, lb baik diberi nutrisi bunga.

    BalasHapus
  17. Luar biasa, sangat bermanfaat mencerahkan pemula hidropnik dan hidroponiker rumahan

    BalasHapus
  18. Tjak Doel, bagaimana hasilnya kalau pada bungkus ab mix tertulis untuk bunga tetapi akan sy gunakan untuk hidroponik melon? Tksh

    BalasHapus