13/09/16

Germinasi - Proses Benih Berkecambah

Sebelum disemai, biji tanaman berada dalam kondisi dorman atau berhenti tumbuh, sebagai reaksi terhadap kondisi lingkungan yang tidak mendukung proses pertumbuhan normal.

Proses perkecambahan atau germinasi diawali ketika biji yang berada dalam kondisi dorman menyerap air dari lingkungan. Secara fisik terlihat ukuran biji menjadi lebih besar dan lebih lunak.

Air di dalam sel akan mengaktifkan sejumlah enzim, sehingga merangsang pembelahan sel di bagian yang aktif untuk melakukan mitosis. Pertumbuhan dari dalam ini akan mendesak cangkang biji sampai pecah. Semakin lunak kulit cangkang, proses germinasi akan berlangsung lebih cepat. Merendam benih dalam air hangat selama beberapa jam akan membuat kulit cangkang lebih lunak.

Bersama benih, di dalam biji juga tersimpan cadangan makanan berupa protein, lemak dan karbohidrat. Selama proses germinasi berlangsung, cadangan makanan mengalami proses metabolisme menjadi energi.

Seluruh cadangan energi akan habis terpakai ketika bibit muncul dari kulit biji dan akar serta daun mulai tumbuh. Pada saat itulah tanaman mulai bergantung pada air, nutrisi dan cahaya matahari.

Benih beberapa jenis tanaman berkecambah dalam waktu relatif singkat, paling lama 24 jam. Untuk mencegah tanaman mengalami defisiensi, sebaiknya nutrisi disediakan sejak mulai dari benih disemai. Sehingga pada saat cadangan makanan habis, tanaman segera mendapatkan nutrisi pengganti.

Beberapa elemen yang berpengaruh terhadap germinasi:

  1. Oksigen
    Diperlukan dalam proses respirasi aerobik. Oksigen yang diserap adalah oksigen yang berada di sela-sela pori media tanam, oleh sebab itu media tanam yang terlalu padat sebaiknya dihindari.
  2. Suhu
    Berpengaruh terhadap proses metabolisme seluler. Setiap tanaman berkecambah dalam rentang suhu yang berlainan. Rata-rata tanaman daerah tropis berkecambah pada suhu kamar, antara 16 sampai 24 derajad celcius.
  3. Intensitas Cahaya
    Meskipun terdapat beberapa pengecualian, namu rata-rata tanaman tidak terpengaruh oleh kondisi gelap atau terang. Jadi, sekarang terjawab pula bahwa semaian tidak perlu disimpan di tempat gelap atau dibungkus menggunakan kantong hitam.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar