22/09/18

Pindah Tanam 1


Di kebun saya ada dua tahap pindah tanam. Tahap pertama memindah bibit dari nampan semai ke netpot, lalu diletakkan di modul tanaman muda. Tahap ke dua memindah tanaman dari modul tanaman muda ke modul tanaman dewasa (sering saya sebut modul produksi).
 
Contoh Modul Tanaman Muda
Sampai 2/3 dari umur panen, rata-rata tanaman masih berukuran kecil, sehingga bisa ditanam dalam jarak rapat. Oleh sebab itu saya siapkan modul untuk tanaman muda dengan jarak antara titik pusat lubang hanya sejauh 10 cm.

Sekarang saya menggunakan box sterofoam sebagai modul tanaman muda. Selain murah, sterofoam adalah isolator suhu yang bagus, sehingga suhu larutan nutrisi di dalam box cenderung tetap dingin, sehingga pertumbuhan tanaman muda tidak terganggu pH swing.

Modul Box Sterofoam
Tidak ada aturan baku kapan tanaman harus dipindah. Untuk pemindahan tahap pertama saya hanya berpedoman pada pertumbuhan akar. Tanaman saya pindah sebelum akar terlanjur saling berbelit. Supaya gampang mengingat, saya pindah pada umur 7 hss.

Karena saya menggunakan media semai Rock Wool, saat memindah tinggal comot saja satu potong RW dari nampan semai, langsung dimasukkan ke dalam netpot.

Box modul tanaman muda hanya saya isi larutan nutrisi setinggi 5 cm. Tidak ada pertimbangan khusus selain saya anggap cukup. Konsekuensinya, terdapat jarak antara dasar netpot dengan permukaan nutrisi, sehingga saya harus menambahkan sumbu supaya tanaman yang akarnya pendek tetap bisa menjangkau nutrisi.
Memasang Sumbu

Setelah Masuk Netpot
Kecuali anggrek, saya hanya menggunakan media tanam RW. Jadi, benih yang disemai menggunakan media arang sekampun akhirnya saya pindah ke Rockwool. Ukuran RW juga sama 2,5 x 2,5 x 2,5. Bedanya, bagian tengan RW dibelah sampai setengah. Nantinya sebagian batang dan akar tanaman muda diselipkan pada belahan.

Sebagian Akar dan Batang Diselipkan di Belahan RW
Setelah dicabut dari media semai, akar tanaman saya bersihkan. Cukup dicelup saja dua atau tiga kali ke dalam air biasa, baru kemudian diselipkan pada belahan kubus RW.

Prosedur selanjutya sama, dimasukkan ke dalam netpot, kemudian diletakkan di modul tanaman muda.

1 komentar:

  1. Halo Tjak Doel, sy merasa terhibur dan sangat tercerahkan setelah baca-baca artikel sampeyan. Keep on posting ya, sekarang ninggalin jejak dulu disini.

    BalasHapus