28/02/17

Gully

Praktisi Hidroponik yang memakai sistem Deep Flow Technique (DFT) atau Nutrient Film Technique (NFT) biasanya menggunakan modul  pipa panjang yang dibuat khusus untuk Hidroponik. Pipa inilah yang disebut gully.

Pada sisi bagian atas pipa terdapat lubang-lubang dengan diameter tertentu sebagai tempat untuk meletakan netpot. Pipa tersebut sekaligus berfungsi sebagai saluran nutrisi.

Gully NFT
Secara umum sebenarnya gully dirancang untuk sistem NFT, itu sebabnya format gully rata-rata pipih dan pada bagian dasar dibuat rata, agar nutrisi bisa mengalir tipis.

Karena gully khusus relatif mahal, praktisi Hidroponik kemudian memanfaatkan media lain sebagai pengganti gully. Di Indonesia media yang paling banyak digunakan adalah pipa paralon dan talang air PVC.

Gully Paralon Sistem DFT Frame A, 
Pipa paralon mudah dimodifikasi menjadi gully. Tinggal memberi lubang pada salah satu sisinya, selesai. Untuk merangkaipun gampang, karena sudah tersedia berbagai bentuk fitting pipa. Tapi dalam jangka panjang, segala kemudahan itu harus ditebus dengan repot luar biasa pada saat bagian dalam gully harus dibersihkan.

Gully DFT dengan Pot Gelas Bekas Kemasan Air Minum
Menurut pendapat saya, gully pipa paralon juga tidak cocok digunakan pada sistem NFT. Penampang bagian bawah gully yang cekung tidak memungkinkan nutrisi mengalir tipis seperti yang disyaratkan pada sistem NFT.

Bila mempertimbangkan kebutuhan aliran nitrisi tipis dan menghindari repot pada saat membersihkan sisi dalam, maka talang PVC merupakan alternatif paling baik. Kesulitan hanya terjadi sekali, pada saat melakukan modifikasi, tapi dalam jangka panjang pekerjaan rutin membersihkan gully jauh lebih gampang.

Gully NFT
 
Gully DFT
Perbedaan gully NFT dan DFT:

  1. Gully NFT lebih pipih, supaya dasar netpot tidak menggantung terlalu jauh dari permukaan nutrisi yang hanya mengalir tipis. Penampang gully DFT harus lebih tebal, atau bila menggunakan pipa dibutuhkan diameter lebih besar, supaya volume nutrisi yang tergenang cukup memadai, sehingga temperaturnya tidak mudah naik akibat pengaruh sinar matahari.
  2. Lubang output gully NFT terletak dekat dasar gully, supaya tidak terjadi genangan nutrisi lebih dari yang disyaratkan.
  3. Lubang output gully DFT diberi jarak sekurang-kurangnya 1,5 cm dari dasar gully.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar