12/06/15

Mengamati Bawang merah (5) - GANTI NUTRISI

Ketika berkunjung ke Gadjah Mada Agro Expo 2015 tanggal 11 April 2015 untuk pertamakalinya saya tahu ada nutrisi umbi. Sebelumnya saya hanya mengunakan nutrisi daun sampai umur 40 hss, setelah itu diganti nutrisi buah.

Tanggal 12 April saya ganti nutrisi daun dengan nutrisi umbi. Sejak saat itu setiap hari saya selalu mengamati pertumbuhan umbi. Harapan saya, setelah mendapat nutisi sesuai kebutuhan, umbi akan tumbuh lebih pesat. Tapi sampai beberapa hari kemudian justru tidak nampak terjadi perubahan. Umbi tetap kecil.


Perubahan justru terjadi pada daum, menjadi lebih segar dan tumbuh lebat. Bahkan beberapa tanaman justru mulai berbunga. Kondisi seperti itu berlangsung sampai bawang merah berumur 52 hss.

Pada saat yang sama, tanaman yang layu dan kering juga semakin banyak. Tapi jelas bukan akibat ganti nutrisi. Gejala layu dan kering sudah mulai terlihat pada beberapa tanaman sejak umur 27 hss. Sampai umur 52 hss tanaman mati bertambah 11 pot, sementara 17 lagi menunjukkan gejala kemunduran.

Saya sempat konsultasi pada beberapa teman Hidroponik, tapi karena masukannya simpang siur, akhirnya saya memutuskan jalan terus tanpa melakukan tindakan apapun.

Sore 53 hss saya mendapati beberapa umbi mulai nampak lebih besar dibanding 1 - 2 hari sebelumnya. Perubahannya sangat signifikan. Dan pada hari-hari berikutnya semakin banyak tanaman menunjukkan perkembangan positif.

Umur 60 hss, sebagian besar umbi tumbuh besar, warnanya lebih merah dan lebih padat ketimbang rata-rata umbi yang saya beli di pasar. Secara keseluruhan hasilnya lebih bagus ketimbang bawang yang saya tanam sebelumnya, meskipun prosentase kegagalan akibat umbi busuk, daun layu dan kering masih tinggi.

Menurut beberapa teman, pada umur 60 hss bawang sudah bisa dipanen. Berhubung masih banyak daun segar, saya memutuskan menunda panen 5 sampai 7 hari.


Sampai umur 70 hss ternyata beberapa umbi yang semula hanya seukuran kuku ibu jari tumbuh membesar. Tapi di sisi lain, beberapa umbi, termasuk yang berukuran besar, justru menunjukkan gejala mulai busuk. 

6 komentar:

  1. Itu pake nutrisi yg bungkusnya biru ya pak? yg khusus tanaman umbi.
    kalo pake nutrisi itu dari awal bisa merah donk hasilnya.

    saya juga tanam hidroponik bawang (baru panen tadi padi: 2 bulan).
    baru hari ke 57 saya pake nutrisi khusus umbi. sebelum2x nya saya pake yg buat buah. hasilnya memang besar tapi warna merahnya kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum kepikiran kalau warna pucat disebabkan oleh nutrisi. Terimakasih untuk masukannya. Pada kesempatan mendatang akan saya perbaiki nutrisinya.

      Hapus
    2. Saya malah belum kepikiran kalau warna pucat disebabkan oleh nutrisi. Terimakasih untuk masukannya. Pada kesempatan mendatang akan saya perbaiki nutrisinya.

      Hapus
    3. Saya kepikiran mungkin gara2x kurang matahari.
      Bawang saya cuma dpt matahari sampai jam 1-2.
      Bawang bapak dpt matahari sampai sore kah?

      Kemungkinan kedua media tanamnya terlalu basah.
      Media tanam suday saya coba beberapa: sekam bakar, tanah, pasir malang, sekam mentah, zeolit.
      Potnya pake gelas plastik seperti bapak. Bagian bawah sedikit kena air jadi medianya basah terus.
      Sistem yg saya pake sistem gully (DFT). Mirip seperti bapak tapi saya gak pake sumbu (media tanam sudah terendam).

      Ide saya selanjutnya itu tambahan 1 keran untuk mengubah sistem dari DFT ke NFT. Jadi waktu remaja (akar masih sedikit) kita pake DFT. Waktu dewasa (akar sudah banyak dan panjang) kita buka kerannyaa sehinga sistem menjadi NFT (cuma akarnya yg kena air).

      Hapus
    4. Maaf, sdh ama baru dibalas.

      Tanaman saya malah baru kena sinar mthr setelah jam 10 sampai jam 3 sore.

      Kalau penyebab kurang merah kemungkinan memang krn media basah, soalnya tiap hari diguyur hujan. Saya sempat punya ide pakai nft, cuma ragu, apakah dg pompa nyala 24 jam masih tetap ekonomis?

      Hapus
    5. Maaf, sdh ama baru dibalas.

      Tanaman saya malah baru kena sinar mthr setelah jam 10 sampai jam 3 sore.

      Kalau penyebab kurang merah kemungkinan memang krn media basah, soalnya tiap hari diguyur hujan. Saya sempat punya ide pakai nft, cuma ragu, apakah dg pompa nyala 24 jam masih tetap ekonomis?

      Hapus