12/06/15

Mengamati Bawang Merah (4) - 30 Hari Setelah Semai

Beberapa tanaman mulai bermasalah. Ada yang hanya layu daun, sementara umbi masih nampak segar, tapi tidak sedikit umbi yang kempes lalu kering dan ada pula yang busuk. Gejala ini terjadi pada semua kelompok benih. Tapi sampai sejauh ini hanya umbi busuk yang bisa diketahui penyebabnya.



Seluruh umbi busuk berasal dari gelas yang terbenam lebih dalam di lubang pralon. Kemungkinan besar saat meletakkan gelas di lubang, saya menekan terlalu kuat. Akibatnya, dasar gelas menjadi terlalu dekat dengan permukaan nutrisi, jadi ketika pompa hidup dasar gelas terendam selama setengah jam.

Semula saya anggap tidak bakal jadi masalah, karena menurut perkiraan saya setelah pompa mati sekam bakar yang terendam bisa cepat kering. Ternyata tidak.

Sampai umur 30 hss tercatat 13 umbi tidak bisa bertahan. 3 benih dari berbagai kelompok A, C dan K kempes, 1 pot dari kelompok A layu, dan sisanya 9 benih dari kelompok A dan C busuk.


Kondisi nutrisi berfluktuasi antara 860 ppm sampai 1100 ppm. Sebagian besar fluktuasi terjadi akibat perbedaan kadar air baku, antara air hujan (rata-rata 7 ppm) dengan air sumur (213 ppm).


BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar