13/11/16

Setting Timer

Timer digunakan sebagai alat bantu untuk mengatur jadwal nyala dan mati pompa pada Hidroponik DFT.

Ada dua macam timer, analog dan digital. Saya belum pernah menggunakan timer analog, jadi yang akan saya bahas di sini hanya timer digital saja.

Timer Digital
Pada saat membeli timer, perhatikan jumlah program yang bisa diatur. Pilih timer yang memiliki paling tidak 8 program per hari. Artinya, dalam rentang waktu antara jam 00.00 sampai dengan 24.00, timer tersebut bisa diatur untuk 8 jadwal menyala dan mati.

Pada saat diambil dari kemasan, timer dalam kondisi mati. Batere di dalam timer harus diisi ulang terlebih dahulu. Caranya, pasang timer pada colokan stop kontak PLN, biarkan terpasang antara 8 sampai 12 jam.

Setelah batere terisi, display timer ada yang langsung menyala, tapi ada yang tetap mati. Seandainya tetap mati, tekan tombol merah di bawah tulisan MASTER CLEAR.

Tombol dan Display Timer KITANI
Selanjutnya, hari, jam dan menit timer harus diatur terlebih dahulu. Berikut ini cara mengaturnya:

  1. Tekan tombol CLOCK. Jangan dilepas. Lalu tekan tombol WEEK berulang sampai display hari sesuai.
  2. Masih sambil menekan tombol CLOCK, tekan tombol HOUR berulang untuk mengatur jam.
  3. Lakukan cara yang sama untuk mengatur menit. 
Sebulan sekali periksa tampilan jam dan menitnya. Kadang ada yang harus disesuaikan ulang, terutama bila timer sudah bekerja lebih dari 1 tahun.

Sebelum mulai mengatur, perhatikan terlebih dahulu tampilan layarnya. Saya menggunakan Kitani, karena kebanyakan toko perlengkapan Hidroponik menjual timer merek ini.
 
Layar Timer KITANI
Di atas angka penunjukan jam dan menit terdapat deretan huruf MO, TU, WE, TH, FR, SA, SU. Huruf itu mewakili hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu.

Di sisi kiri, dari atas ke bawah terdapat tulisan AM, PM, ON, OFF, dan yang paling bawah satu digit angka. AM menunjukkan waktu antara jam 00.00 sampai 11.59, PM menunjukkan waktu antara jam 12 siang sampai dengan 23.59.

ON/OFF adalah indikator waktu ketika timer menyalurkan/memutus aliran listrik ke perangkat elektronik.

Digit angka adalah nomer dari program yang sedang diatur jadwalnya. Angka 1 menunjukkan jadwal nyala dan mati program nomer 1, dan seterusnya, sampai angka 8.

Di baris paling bawah terdapat tulisan MANUAL ON, AUTO dan MANUAL OFF. Tiga fungsi ini diatur dari tombol ON/AUTO/OFF, untuk memilih fungsi pengaturan otomatis atau manual. Pilih fungsi AUTO supaya pengaturan jadwal nyala dan mati melalui program bisa bekerja.

Berikut ini prosedur pengaturan jadwal menggunakan program:

  1. Sebelum menekan tombol TIMER, pastikan di baris bawah muncul tulisan AUTO.
  2. Tekan tombol TIMER untuk masuk ke fungsi pengaturan program. Layar akan menampilkan angka 1 di pojok kiri bawah dan huruf ON di atasnya. Artinya kita masuk ke pengaturan ON (menyala) program nomer 1. (Pada foto ilustrasi muncul angka 3, karena foto diambil pada saat setting program nomer 3)

  3. Tekan tombol WEEK beberapa kali sampai seluruh huruf MO, TU, WE, TH, FR, SA, SU muncul di baris atas. Huruf yang muncul menunjukkan hari yang dipilih untuk jadwal ON pada program nomer 1. Karena program timer dijadwalkan aktif setiap hari, maka semua hari harus muncul.

  4. Tekan tombol HOUR untuk mengatur jadwal jam pompa mulai menyala pada program nomer 1.
  5. Tekan tombol MINUTE untuk mengatur menitnya.
  6. Pengaturan jadwal ON untuk program nomer 1 selesai. Selanjutnya tekan tombol TIMER untuk masuk ke pengaturan jadwal OFF program nomer 1.
  7. Tekan tombol WEEK beberapa kali sampai semua huruf MO, TU, WE, TH, FR, SA, SU muncul di baris atas. Huruf hari yang tidak muncul mengakibatkan setiap hari tersebut fungsi OFF pada program nomer 1 tidak aktif, dan pompa akan terus menyala sampai jadwal OFF yang diatur pada program berikutnya.
  8. Tekan tombol HOUR dan MINUTE untuk mengatur jam dan menit saat pompa harus mati.
  9. Pengaturan jadwal ON dan OFF program nomer 1 selesai. Tekan tombol TIMER lagi untuk mengatur jadwal program nomer 2. Ulangi seluruh prosedur nomer 3 sampai 8, atau tekan tombol CLOCK bila pengaturan jadwal sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar