26/02/17

Bor dan Holesaw

Salah satu pekerjaan yang pasti dilakukan ketika membuat modul adalah menyiapkan lubang tempat meletakkan netpot. Ukuran lubang bervariasi, tergantung ukuran netpot yang digunakan, dan jenis tanamannya.

Karena Hidroponik identik dengan produk pertanian sehat, maka untuk membuat lubang pada gabus / sterofoam, paralon, mika atau impraboard sebaiknya diusahakan memakai bor, gergaji besi, atau cutter (untuk bahan gabus), bukan menggunakan bantuan pemanas atau api, untuk menghindari timbulnya zat karsinogen akibat proses thermal.

Alat untuk membuat lubang paling prktis adalah bor listrik dengan mata bor holesaw.

Tidak ada ketentuan khusus terhadap bor yang digunakan, tapi pastikan tidak keliru memakai CORDLESS SCREWDRIVER.

Foto 1 : Bor Listrik
Untuk membuat lubang dengan diameter lebih dari 13 mm diperlukan mata-bor khusus, disebut holesaw. Ada berbagai jenis holesaw, supaya tidak salah memilih, silahkan membeli di Hidroponik Shop.

Foto 2 : Holesaw Besar
Holesaw juga bisa dibeli di toko alat bangunan. Pilih holesaw set seperti foto 2 atau 3. Tapi seandainya memang berniat serius menjadi praktisi Hidroponik, sebaiknya memilih holesaw HSS (High Speed Steel - foto 4), lebih awet dan putarannya lebih stabil dibanding holesaw yang terbuat dari plat besi pipih. Masalahnya, HSS relatif mahal, karena dijual per biji.


Foto 3 : Holesaw Kecil
Foto 4 : High Speed Steel
Ukuran holesaw yang dibutuhkan:

1. Ukuran 4,4 untuk lubang netpot diameter 5 cm
2. Ukuran 5,4 untuk lubang gelas bekas kemasan air minum
3. Ukuran 6,4 untuk lubang pot diameter 7 cm
4. Ukuran 12 untuk lubang pot angrek diameter 15 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar